Minggu, 09 Maret 2014

KISI - KISI SOAL UJIAN SEKOLAH IPA

KISI KISI UJIAN MADRASAH
ILMU PENGETAHUAN ALAM
TAHUN PELAJARAN 2013/2014

NO
SKL
INDIKATOR SKL
MATERI POKOK
INDIKATOR SOAL
NO SOAL

1
Melakukan pengukuran dasar secara teliti dengan menggunakan alat ukur yang sesuai dan sering digunakan dalam kehidupan sehari-hari.
   Menentukan besaran pokok, besaran turunan dan satuannya atau penggunaan alat ukur dalam kehidupan sehari-hari.

Pengukuran

 Disajikan daftar besaran, satuan dan alat ukur, siswa dapat menentukan pasangan besaran pokok, satuan SI dan alat ukurnya

1
2

  Menerapkan konsep zat dan kalor serta kegunaannya dalam kehidupan sehari-hari.

Menentukan sifat-sifat zat berdasarkan wujudnya atau penerapan konsep massa jenis dalam kehidupan sehari-hari.


Sifat zat
  
    Disajikan gambar benda tidak
    beraturan, neraca  dan gelas ukur,
    peserta didik dapat menentukan
    besar massa jenis berdasarkan
    data.


2

 
   
    Menentukan konversi
    suhu pada termometer




Konversi suhu
    Disajikan gambar dua buah
    termometer yang berbeda, peserta
    didik dapat  menentukan besar
    suhu pada salah satu thermometer
    tersebut
3


  
    Menentukan besaran kalor dalam proses perubahan suhu atau penerapan perubahan wujud zat dalam kehidupan sehari-hari.


Azas Black

Disajikan grafik hubungan suhu dan kalor, peserta didik dapat menentukan kalor yang dibutuhkan pada titik tertentu

4


3.

  Mendeskripsikan dasar-dasar
  mekanika (gerak, gaya,   
  usaha, dan energi) serta  
  penerapan konsep tekanan  
  dalam kehidupan sehari-
  hari.
  
     Menentukan jenis gerak lurus atau penerapan hukum Newton dalam kehidupan sehari-hari.

Hukum Newton III
  
 Disajikan beberapa contoh penerapan hukum newton  dalam kehidupan sehari-hari,Peserta didik dapat menunjukkan penerapan hukum  Newton III
5

    Menentukan besaran fisis pada usaha atau energi pada kondisi tertentu.

Usaha

Disajikan gambar,Peserta didik dapat menentukan besar usaha yang dilakukan oleh beberapa gaya
6
  
    Menentukan penerapan pesawat sederhana dalam kehidupan sehari-hari.


Bidang miring
   
    Disajikan gambar  bidang miring,  peserta didik dapat menentukan contoh alat-alat yang prinsip kerjanya berupa  bidang miring
7



      Menentukan besaran fisis yang terkait dengan tekanan pada suatu zat.


Tekanan pada zat padat

Disajikan gambar beberapa benda , Peserta didik dapat menentukan balok yang memiliki tekanan maksimum
8

4.

Memahami konsep-konsep dan penerapan, getaran, gelombang, bunyi, dan optik dalam produk teknologi sehari-hari.

Menentukan besaran fisis pada getaran atau gelombang.

Gelombang
  
    Disajikan gambar gelombang dengan data-datanya, peserta didik dapat menentukan Frekuensi dan cepat rambat  gelombang
9
   
     Menjelaskan sifat bunyi atau penerapannya dalam kehidupan sehari-hari.


Penerapan bunyi

Disajikan beberapa pernyataan, peserta didik dapat menentukan penerapan bunyi dalam kehidupan sehari.
10

Menentukan sifat    cahaya, besaran-besaran yang berhubungan dengan  cermin/lensa atau penerapan alat optik dalam kehidupan sehari-hari.

      Lensa Cembung

Disajikan gambar benda di depan lensa cembung  yang jarak fokus dan jarak bendanya diketahui, siswa dapat menentukan jarak  dan sifat bayangan.


11

5

Memahami konsep kelistrikan dan kemagnetan serta penerapannya dalam kehidupan sehari-hari.

 Menjelaskan gejala
 listrik statis dalam
 penerapan kehidupan
    sehari-hari.

Listrik Statis

    Disajikan data gambar kaca/plastic yang digosok wol/sutera, peserta didik  dapat menunjukkan perpindahan electron yang benar
12

     Menentukan besaran-besaran listrik dinamis dalam suatu rangkaian (seri/paralel, Hukum Ohm, Hukum Kirchhoff) serta penerapannya dalam kehidupan sehari-hari.

Hukum Ohm

     Disajikan gambar rangkaian beberapa penghamabat secara paralel yang diketahui hambatannya masing-masing, Siswa dapat menentukan kuat arus pada titik cabang atau pada salah satu cabang jika ggl dan hambatan dalam sumber tegangan diketahui.
13
 
 Menentukan besarnya    
 energi atau daya listrik  
 dalam`kehidupan sehari-
 hari.

Menentukan besarnya energi listrik

Siswa dapat menghitung besar energi listrik dan jumlah kalor yang dihasilkan oleh sebuah alat listrik


14



       Menjelaskan cara pembuatan magnet dan kutub-kutub yang dihasilkan.

Cara membuat magnet

Disajikan gambar magnet dan bahan magnetic, peserta didik dapat menentukan kutub magnet  yang dihasilkan dengan cara menggosok
15
   
       Menjelaskan peristiwa induksi elektromagnetik atau penerapannya pada transformator.

Transformator

Disajikan gambar trafo berikut data besaran-besarannya, peserta didik dapat menentukan salah satu besaran yang belum diketahui
16

6.

Memahami sistem tata surya dan proses yang terjadi didalamnya.

     Menjelaskan ciri-ciri anggota tata surya atau peredaran bumi -  bulan terhadap matahari.

Tata Surya

Disajikan beberapa pernyataan, peserta didik dapat menentukan ciri-ciri salah satu anggota tata surya

17







7

Mendeskripsikan konsep atom, ion dan molekul dihubungkan dengan produk kimia sehari-hari.

Mendeskrepsikan atom, ion, dan molekul  serta hubungannya dengan produk kimia sehari-hari.

Pengelompokan zat

Disajikan daftar nama zat, peserta didik dapat menentukan zat yang termasuk kedalam kelompok senyawa atau campuran

18


8.

  

Memahami klasifikasi zat serta perubahannya

Mendeskripsikan larutan asam, basa atau garam

Asam, basa garam

Disajikan table yang berisi perubahan warna lakmus, peserta didik dapat menunjukkan sifat zat asam/basa/garam

19

       
        Mendeskrepsikan unsur, senyawa dan campuran termasuk rumus kimia



Unsur, senyawa, campuran

 Disajikan data suatu senyawa, peserta didik dapat menggolongkan senyawa tersebut kedalam, unsur/senyawa/campuran
20

       Mendeskripsikan sifat kimia atau fisika zat tertentu serta perubahannya

Sifat zat dan perubahannya

Disajikan data tentang sifat zat, peserta didik dapat menentukan sifat kimia/fisika
21

0 komentar:

Posting Komentar